Ternyata Menjadi YouTubers Ada Risikonya Loh! Cek Penjelasannya Disini

Ternyata Menjadi YouTubers Ada Risikonya Loh! Cek Penjelasannya Disini

Menjalani profesi sebagai seorang YouTubers itu sebenarnya gampang-gampang susah. Tidak semua influencer bisa langsung mendapatkan 1 juta subscriber dalam kurun waktu setahun. Ditambah lagi jika konten yang diposting nyatanya mendapat banyak komentar negatif dari netizen. Namun kondisi itu akan berbanding terbalik bila Anda mendapatkan subscriber dan viewers dalam jumlah banyak. Popularitas yang diraih pun tak lepas hubungannya dengan kualitas konten yang dihadirkan. Beberapa content creator besar memang merasa bahwa cara mendapatkan uang dari YouTube itu tidak akan pernah mati.

Semua orang membutuhkan platform tersebut untuk mengakses berbagai informasi mendidik serta hiburan yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Semuanya lengkap tersedia di YouTube. Anda juga bisa mengakses video yang disukai berulang kali kapanpun dan dimanapun. Dibalik beragam konten menghibur yang tersedia di YouTube, terdapat banyak content creator yang mati-matian menguras tenaga dan pikirannya hanya untuk membuat konten. Tapi tahukan Anda bahwa menjadi YouTubers itu juga memiliki risiko? Nah simak penjelasannya dibawah ini:

1. Ketatnya Peraturan Monetisasi

Secara umum monetisasi dapat dijabarkan sebagai bentuk pengolahan sebuah blog menjadi media untuk mencari uang. Sedangkan yang dimaksud dengan peraturan monetisasi YouTube adalah peraturan mengenai pengolahan chanel YouTube yang disesuaikan dengan kebijakan pihak YouTube. CEO YouTube Susan Wojcicki mengeluarkan peraturan terbaru pada tahun 2018 mengenai monetisasi YouTube.

Dimana setiap content creator YouTube (YouTubers) setidaknya harus memiliki 1000 subscriber dan mengumpulkan 4000 viewers dalam 12 bulan terakhir. Hal itu mungkin akan sangat sulit dilakukan oleh YouTubers pemula. Pihak YouTube juga akan meninjau satu persatu isi konten video yang ada di chanel Anda. Bila ternyata seluruh konten video Anda tidak memenuhi standar monetisasi, maka video tersebut tidak akan ditempelkan iklan persis seperti saat kita menonton sebuah video.

2. Menganggap Subscriber Segalanya

Banyak content creator yang masih beranggapan bahwa subscriber adalah segalanya dalam menentukan nasib chanel mereka. Anggapan itu sebenarnya juga tidak bisa kita benarkan. Percayalah dengan menganggap seolah-olah subscriber adalah raja justru akan membuat Anda pusing sendiri. Bayangkan saja bila ternyata konten yang dihasilkan tidak maksimal, para subscriber itu akan kecewa dan mengomentari isi konten Anda dengan kata-kata pedas.

Selain itu Anda juga tidak bebas dalam menuangkan ide-ide kreatif, hanya karena selalu mengikuti kemauan subscriber. Membuat konten yang sedikit berbeda dari biasanya itu juga boleh Anda lakukan bila merasa bosan dan ingin mencoba hal baru. Tidak perlu terlalu takut dengan omongan pedas para netizen. Sejatinya seorang content creator yang bagus itu adalah seseorang yang tidak ada matinya untuk berekspresi.

3. Saling Menjatuhkan Konten

Tak jarang para content creator YouTube saling menjatuhkan creator lainnya melalui video yang diposting. Padahal sudah jelas bahwa perseteruan yang terjadi itu tidak layak untuk konsumsi publik. Perseteruan yang sempat viral dan jadi perbincangan publik seluruh dunia adalah Tati Westbrook dan James Charles. Perseteruan tersebut disinyalir bermula dari James Charles yang mengunggah video berisi mempromosikan produk Sugar Bear Hair.

Konon katanya produk Sugar Bear Hair itu merupakan pesaing besar produknya Tati Westbrook. Tak terima dikhianati oleh James, Tati kemudian memposting video kekecewaannya dan menyebarkan seluruh aib James di chanel YouTubenya. Tak lama berselang video itu diposting, James Charles langsung memposting video permohonan maafnya pada Tati dan suami. Tapi akibat dari perseteruan itu, James harus kehilangan lebih dari setengah juta followersnya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Nah dibalik keuntungan menjadi YouTubers, tersimpan banyak risikonya juga loh. Jadi ada baiknya, saat Anda memutuskan ingin menjadi content creator memikirkan secara matang apa saja risiko yang akan diterima. Tapi jangan menjadikan risiko-risiko tersebut beban untuk diri Anda sendiri. Simak artikel https://www.cekaja.com/info/cara-mendapatkan-uang-paling-moncer-dari-youtube/ agar Anda tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *